Kamis, 20 Maret 2008

KOmPetisi Ogaah aaah ... Iyaa deeeHHH!



"Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing.

Kita di sini untuk saling melengkapi."


Sungguh saya tidak tahu siapa yang pertama kali mencetuskan inspiring words di atas, yang jelas saya bisa menyelami maknanya yang sangat dalam, terlebih di saat kondisi dimana dinamika kompetisi dijadikan jualan seperti sekarang ini.


Setiap orang selalu bicara bahwa sekarang eranya kompetisi, sehingga kalau mau menang kita harus punya daya saing yang tinggi. Pada prakteknya hakekat kompetisi yang semula untuk menghasilkan yang terbaik justru dikhianati oleh adanya malpraktek kompetisi itu sendiri, yakni "menghalalkan segala cara".


Alih-alih menghasilkan kebaikan, yang ada justru manipulasi.. memenangkan yang mau sowan dan dekat sama kita sendiri. Coba anda simak, hampir semua perusahaan (baca: corporation, kali-kali anda pernah baca buku the corporation yang warnanya merah ....) menekankan kompetisi dalam visi-misinya. Ada yang bilang "harus jadi leader dan berdaya saing", "world class leader", "mencapai bintang" dan lain-lain.


Saya tidak anti kompetisi, sebab kompetisi itu pada galibnya adalah sunatullah, nah supaya kompetisi itu dapat membuahkan hasil terbaiknya maka setiap insan kompetitor haruslah mendapat perlakuan yang sama (equal treatment). Jadi kalau saudara/teman-teman Anda mau berkompetisi dengan pihak lawan di arena yang menjadi tanggungjawab Anda, janganlah Anda memihak kepada saudara/teman-teman Anda...biarkanlah semua berjalan sesuai sunatullah saja.





Tidak ada komentar: