Jumat, 15 Februari 2008

Manajemen Apaaaaaa...?


Yang saya ingat dari manajemen adalah "the art of getting things done through the people". Artinya kalau Anda akan melaksanakan sesuatu hajatan, maka Anda akan menyuruh orang dan Anda akan menikmati hasil kerja orang tersebut.

Yang menjadi point bagi saya untuk menilai apakah Anda manajer yang baik atau manajer yang jahat (model Capo Capo dalam buku Mafia Manager, yang udah direview di Bloggingnya pak Joko Dwijono) adalah dari cara Anda menyuruh orang-orang untuk bekerja.

Menyuruh orang bekerja bisa dilakukan dengan kalimat-kalimat yang santun tetapi membuat orang-orang tersebut bekerja ekstra keras sampai sakit, akhirnya orang-orang tersebut akan sadar bahwa kalimat-kalimat santun Anda adalah seperti racun sianida. Alhasil orang-orang tersebut akan menjadi benci sama Anda bukan kepalang.

Menyuruh orang bekerja mungkin saja dilakukan dengan perintah keras! sehingga membuat orang-orang Anda merasa ketakutan sehingga bekerja ekstra keras sampai sakit. Tidak masuk berhari-hari kemudian produktivitas sang Manajer jatuh ke kolong tanah, ditambah lagi Anda akan dibenci banyak orang.

Jadi manajer yang baik itu sulit! Karena pada dasarnya kita ini semua manusia yang penuh EGO, semua maunya jadi pemimpin (ada juga sih yang gak mau jadi pemimpin karena malu-malu kucing, padahal kepingin...). Mengatur orang-orang (manusia) itu tidak gampang karena manusia kan punya hati ..? Hati manusia itu sulit sekali ditebak.